Jumat, 01 Oktober 2010

Furtive-eGT, Mobil Super Listrik

Syubhan Akib - detikOto

Gambar
Paris - Pertarungan di kancah di dunia supercar sepertinya akan makin ketat setelah banyak produsen mengeluarkan mobil super produksi mereka. Kini sebuah perusahaan Prancis pun melakukan hal serupa.

Sebuah tim balap dari Prancis bernama Exagon Engineering seperti detikOto kutip dari Autocar, Kamis (30/9/2010) mencoba berinovasi dengan rencana mengeluarkan sebuah supercar bernama Furtive-eGT.

Mobil super ini rencananya akan dijual sebelum tahun 2012, tapi sebelum itu terjadi, Exagon Engineering akan memperlihatkan mobil sporty-nya ini Paris Motor Show yang dibuka untuk kalangan media hari ini.

Namun uniknya, meski tergolong sebagai mobil sport, Furtive-eGT ternyata tidak hanya bisa menampung dua penumpang saja seperti layaknya mobil sport lain. Sebab Furtive-eGT mampu menampung empat penumpang dengan konfigurasi tempat duduk 2+2.

Furtive-eGT sendiri sebenarnya bukan proyek yang dilakukan sendiri oleh Exagon Engineering. Mobil sport listrik ini merupakan proyek keroyokan yang melibatkan Siemens Corporate Technology untuk urusan engine, Saft di baterai dan Michelin di bagian ban kendaraan.

Dengan panjang 4,5 meter Furtive-eGT diperkuat oleh dua motor listrik yang masing-masing memproduksi tenaga setara dengan 168 bhp.

Berkat kekuatan tersebut, Exagon mengklaim mobil mereka itu bisa melaju dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu 3,5 detik saja serta menembus kecepatan puncak yang dibatasi hanya sekitar 249,4 km per jam. Pembatasan kecepatan ini dilakukan untuk menjaga keamanan pengendara.

Dengan motor listrik itu, Furtive-eGT juga diklaim mampu menjelajah hingga 402,3 km hanya dengan menggunakan tenaga listrik. Bila ingin berjalan lebih jauh, Exagon menyiapkan generator kecil yang bisa membantu Furtive-eGT berjalan hingga 804,6 km dengan membakar 20,8 liter bensin.

Proyek Furtive-eGT yang dilakukan oleh Exagon ini sendiri bukanlah yang pertama kali mereka lakukan. Sebab di tahun 2009 silam, Exagon juga sempat mengembangkan sebuah mobil listrik.

( syu / ddn ) 

http://oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar