Jumat, 01 Oktober 2010

Nissan Rilis Townpod, Mobil Listrik dengan Wajah Aneh

Syubhan Akib - detikOto

Gambar
Nissan Townpod (AFP)
Paris - Sesuai dengan janjinya, produsen mobil Nissan akhirnya memperlihatkan konsep dari mobil listrik masa depan terbaru mereka yakni, Townpod di ajang Paris Motor Show.

Dalam ajang yang saat ini tengah berlangsung itu Townpod tampil untuk pertama kalinya di depan publik dengan tampilan yang unik.

Dari wajahnya, Townpod tampak unik dan seperti kartun. Desain matanya nampak seperti mata dengan bumper meninggi yang sepertinya terinspirasi dari Nissan Juke.

Uniknya, grille depan konvensional yang biasanya berupa 'sarang madu' yang berbentuk mengkotak tidak ditemui di Townpod. Sebagai gantinya, Nissan menyematkan segaris grille melengkung yang menyerupai mulut yang sedang tersenyum simpul.

Sementara pintunya dibuat dengan ergonomi tinggi. Handel pintu belakang dibuka dari bagian depan yang memudahkan para penggunanya. Sedangkan pintu bagasi dibuat dua bagian layaknya pintu belakang mobil-mobil komersial.

Untuk bagian kabin, produsen Jepang itu menganugerahi Townpod dengan berbagai fitur masa depan. Kesan yang ada di interior pun dibuat futuristik dengan meja kerja yang bisa digunakan untuk menaruh laptop di bagian penumpang depan.

Sementara untuk penggeraknya, Nissan mempercayakan baterai NEC Lithium-ion yang saat ini digunakan mobil listrik pertama mereka yang akan segera di distribusi pada bulan Desember mendatang, Leaf.

Baterai ini bisa dicharge dalam kecepatan tinggi hingga 80 persen kapasitasnya hanya dalam waktu 30 menit. Namun jika mengisi baterai di rumah dengan daya listrik 200V maka pengisian baterai hingga penuh diperkirakan mecapai 8 jam.

Dengan baterai tersebut saja Nissan Leaf sudah mampu memiliki top speed hingga 140 km per jam dan bisa melaju hingga 160 km untuk setiap pengisian baterainya.

( syu / ddn ) 

http://oto.detik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar