Jumat, 30 Juli 2010

Mazda2 Sedan : Sedan Seksi Khas Muda-mudi

Augusta B. Sirait
 

(inilah.com/Augusta)

INILAH.COM, Jakarta - Meski muncul belakangan di Tanah Air, Mazda2 Sedan menjadi sedan sporty khas anak muda. Sedan ini juga tergolong seksi dengan bentuk belakang mobil yang sedikit naik ke atas dibandingkan sedan sejenis di segmennya.

Pada tampilan luar, garis lurus pada body samping kiri dan kanan menampilkan aura balap ditambah bentuk bagian belakang mobil yang agak naik dan spoiler membuat mobil ini seakan siap dipacu di atas lintasan sirkuit.

INILAH.COM yang berkesempatan menguji-coba Mazda2 Sedan varian R bertransmisi otomatis berwarna cool white ini juga tergolong hemat bahan bakar, yaitu satu liter bensin untuk jarak 13 kilometer (km) dengan kecepatan rata-rata 55 km per jam. Raungan mesin 1.5-liter MZR DOHC 4-silinder 16-katup ketika digeber pada kecepatan di atas 100 km per jam di tol Jagorawi pun terdengar halus dengan perpindahan gigi yang nyaris tak terasa.

Akselerasi sedan ini pun cukup baik karena didukung aplikasi sistem kemudi EPAS (electric power assistance steering).

Melongok ke dalam kabin, desain dashboard dan tampilan Multi Information Display (MID) yang memberi informasi lengkap soal konsumsi bahan bakar hingga jarak tempuh tak jauh berbeda dengan Mazda2 versi hatchback yang minimalis. Penggunaan sistem audio lewat kemudi memudahkan pengemudi ketika berkendara.

Fitur aux-in yang berada di konsol tengah antara pengemudi dan penumpang depan juga semakin memperjelas hubungan anak muda dengan musik yang dapat diputar melalui pemutar musik digital (mp3).

Kemudahan pengemudi yang memiliki postur tubuh tinggi maupun pendek untuk menyetir mobil ini tak lagi terkendala karena bisa lingkar kemudi dapat disesuaikan naik atau turun sejauh 50 milimeter (mm).

Tempat penyimpanan seperti majalah atau air minum pada panel pintu depan juga cukup luas. Kaki-kaki bagian depan yang dilengkapi independent MacPherson struts cukup nyaman bagi penumpang bagian depan dan pengemudi. Namun, goncangan ketika melewati polisi tidur dan jalan berbatu, suspensi bagian belakang torsion beam yang tepat berada di bawah kursi penumpang bagian belakang masih cukup terasa.

Fitur keamanan standar Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) semakin melengkapi sedan yang memiliki kapasitas bagasi 450 liter ini setara dengan sedan buatan Eropa.

Overall, sedan berdimensi panjang 4.244 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.476 mm ini cocok menjadi mobil pertama anak kuliahan dan pasangan suami istri yang mendambakan sedan elegan dan sporty.

Akan tetapi, modal promosi besar-besaran seperti yang dilakukan terhadap Mazda2 hatchback tampaknya akan menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi PT Mazda Motor Indonesia. Jika masyarakat terlanjur jatuh cinta dengan Mazda2 hatchback, Mazda2 Sedan yang dibandrol mulai Rp220 jutaan ini bisa saja tidak dirilik calon konsumen yang lebih memilih versi hatchbacknya.

http://www.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar