Jumat, 06 Agustus 2010

Attack K1 Karya Manajer Teknik Mercedes

AUTOEVOLUTION
Unik, mesin Honda Civic Type-R jadi pilihan, bukannya Mercedes. Rem diganti punya Brembo
 

INGGRIS,KOMPAS.COM - Oliver Ashley, manajer teknis senior pada dealer Mercedes di Bristol, Inggris menunjukkan ketrampilan dan kreativitas. Ia membangun mobil sport kupe, hanya khusus untuk dua orang dengan bukaan pintu model gunting. Karyanya itu dinamakan Attack K1.

Penggarapannya, menurut Oliver menghabiskan waktu 4.000 jam kerja atau 167 hari atau lima setengah bulan. Meski persiapannya sendiri sudah dilakukan sejak 2006.

Menariknya, untuk mesin yang dipilih bukan dari Mercedes, tapi punya Honda Civic Type-R 2,0L dipadu dengan girboks Type-R manual 6 tingkat percepatan. Tenaga yang dihasilkan 246 PS setelah mendapat pembenahan yang setara seperti ketika menyiapkan bodi dan kaki-kaki.

Besarnya lonjakan tenaga berkat modifikasi pada bagian saluran masuk udara yang menggunakan produk HKS, baterai pakai model racing, dan konversi supercharger. Dapur pacu 2.000 cc ini teronggok di atas sasis dari pipa baja komposit dengan bodi dari bahan serat karbon.

Untuk interiornya, dipasang sistem audio Clarion dengan desain bercita rasa tinggi, plus amplifayer DVD, speaker, sistem navigasi dan kamera untuk mundur. Kedua jok dirancang model mobil balap (racing).

"Saya sudah empat kali membangun mobil dan selalu memiliki konsep asli yang kuat dalam pikiran, desain dan spesifikasi. Aku selalu memeriksa setiap komponen baru yang dipakai, sehingga saya betul-betul yakin dan menyenangkan diriku," ujar Oliver.

Diakuinya, membangun mobil ini tidak murah. Contohnya, untuk keempat velg yang dipilihnya merek Asanti dari Amerika, ia harus mengeluarkan dana Rp104 juta (berarti satunya Rp26 juta). Trusnya, bodi yang memamakai bahan komposit juga menghabiskan ribuan pound Sterling.

Belum lagi mengubah posisi setir ke kanan, interior, suspensi, lampu-lampu (depan dan belakang), ditambah ratusan mur dan baut. "Kalau pun mau dijual, saya sudah merogoh kocek cukup banyak. Jadi, sekarang ini dipakai untuk bersenang-senang dulu.
Penulis: SBT
Editor: bastian
autoevolution
Sumber :
http://otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar