Jumat, 06 Agustus 2010

Dattoo, Teknologi Tato dengan DNA

Sarie - Okezone
Dattoo (foto: Technovelgy)
SAN FRANCISCO - Sejak tahun 2005, Frog Desain mulai mengembangkan DNA Tattoo atau Datoo, sebuah alat elektronik menyerupai lapisan tipis yang dirancang khusus untuk mencetak di kulit manusia.

Nantinya, para pengguna bisa memilih sendiri desain dari 'tato' tersebut. Bahkan Datoo juga bisa dilengkapi kamera, mikrofon atau laser-loudspeaker. Yang paling mengejutkan, Dattoo juga bisa mengindentifikasi DNA dari penggunanya.

Dattoo adalah respon dari tren 'self expression' yang sedang berkembang sekarang, meliputi tato, tindik, dan lainnya, yang diaplikasikan dengan teknologi. Pengguna bisa menyebutnya sebagai smart-phone untuk kulit. Ini berarti kulit manusia akan menjadi media pemasangan alat yang berupa tato. Demikian dilansir dari Gizmag, Jumat (6/8/2010).

Para pengguna di wilayah yang berbeda nantinya bisa berkomunikasi melalui Dattoo mereka. Penanda DNA di Dattoo juga bisa mengenali pengguna Dattoo lainnya.

Dattoo juga adalah perangkat yang bisa dilepas maupun pasang kembali, tapi bukan seperti tato biasa. Selain dalam bentuk tato, Dattoo juga bisa dibentuk sebagai desain pakaian.

Selain identifikasi DNA, kamera, speaker dan mic, Dattoo juga bakal dilengkapi oleh sensor nano, komponen cyborg, dan alat-alat lainnya.

"Pada 5 tahun terakhir, kami telah mendekati penyelesaian Dattoo. Contohnya adalah Skinput, sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan alat-alat melalui perangkat yang dipasang di lengan mereka," ujar Hartmut Esslinger, pendiri dari Frog Desain, salah satu pengembang Dattoo.
(srn)


http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar