Minggu, 08 Agustus 2010

Ponsel Masa Depan

Print E-mail
Seperti apa kira-kira ponsel keluaran Apple? Bagaimana bentuk ponsel dua tahun mendatang? CHIP telah mendapat banyak informasi dari produsen tentang teknologi yang sedang dikembangkan dan kemampuan yang ditawarkan ponsel masa depan.

Image

Sebenarnya, saat ini pun perkembangan ponsel sudah jelas akan mengarah ke mana. Produsen tidak lagi mengintegrasikan lebih banyak fungsi ke dalam satu perangkat, tetapi sudah mulai mengembangkan ponsel untuk bisnis dan hiburan secara terpisah. Kamera yang lebih baik, kemampuan memutar musik, dapat menerima siaran radio, dan menonton televisi merupakan ciri-ciri telepon bergerak masa depan untuk pengguna pribadi. Sementara itu, ponsel untuk bisnis dirancang sebagai kantor bergerak.

Ponsel sebagai MP3-player : Player musik dapat ditemukan pada hampir semua ponsel baru. Memori Flash sudah mencapai ukuran gigabyte dan mini-hard disk pun memiliki kapasitas mulai 4 GB.

Untuk pertempuran memperebutkan pasar musik telah dibentuk aliansi-aliansi. Motorola bersama Apple mengembangkan iTunes Music Player yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Mereka belum mau memberi info apakah Motorola akan menghadirkan perangkat baru atau tidak. Namun, sebuah ponsel berlogo apel—menurut Apple—belum akan dikeluarkan.

Sementara itu, Nokia bersekutu dengan Microsoft dan memasang Microsoft Media Player pada beberapa model ponselnya. Raksasa elektronik Sony juga berusaha menarik pengguna dengan merek Walkman pada ponsel audio mendatang.

Sebagai digicam :
Divisi kamera Sony ikut berperan dalam pengembangan ponsel masa depan.Cybershot terbaru DSC-T7 adalah sebuah kamera 5 MP supertipis dengan zoom optik 3x dan hanya berukuran 91 x 60 x 15 mm. Sony Ericsson hingga kini belum menyodorkan rencana produk yang jelas, tetapi secara teknis tak ada masalah untuk mengintegrasikan teknik kamera tersebut ke ponselnya.

“Saat ini pengguna belum bersedia mengeluarkan tambahan biaya untuk ponsel dengan zoom-camera,” kata Aldo Lignori, Corporate Vice President Sony Ericsson. "Dalam perencanaan, kami lebih memperhatikan keinginan konsumen daripada kemungkinan teknis", lanjutnya.

Samsung telah merealisasikan kombinasi digicam utuh dengan ponsel. Untuk pasar Asia telah dikembangkan SCH-V770, yaitu sebuah ponsel dengan kamera 7 MP dan zoom optik 3x yang dapat dipasangi lensa wide dan tele. Sayangnya, kombinasi pertama ini belum terlihat harmonis. Ia tampak seperti digicam biasa dengan tambahan keyboard ponsel. 
 
 http://www.chip.co.id/tips-and-technologies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar