Rabu, 04 Agustus 2010

:. Sein Fairing : Murah, Eces dan Orisinal

5096lampu-ninja-gt-1.jpgPasang sein di fairing kudu simpel. Supaya tidak mentok mobil ketika melaju di kemacetan. Upayakan nempel di fairing supaya tidak mudah patah. Seperti di sein asli depan Kawasaki Ninja 250R yang berlengan. Rawan kesenggol lawan yang berakibat patah. Untuk itu kudu cari yang nemplok langsung di fairing.

Namun variasi gaul Ninja 250R kudu ditebus dengan duit seabrek. Bahkan sein variasi sporty model empel di fairing pun harganya ratusan ribu. Tapi, menurut Jaenudin itu terjadi lantaran sein tempel Ninja 250R yang ada sekarang diadopsi dari part mobil. Padahal, bisa bikin dari bawaan motor juga. Asal kreatif, ongkos yang dikeluarkan untuk sein gaul tak sampai Rp 100 ribu.5097lampu-ninja-gt-2.jpg

"Manfaatin aja mika lampu sein orisinal Ninja 150 L. Sepasang harganya Rp 20 ribuan. Plus rumah lampu sein milik Kawasaki Kaze dan soket kabel," tawar mekanik bengkel resmi Kawasaki M-Tech di Gading Serpong, Tangerang itu.

Jaenudin mengajak kita langsung praktik. Bekali diri dengan peralatan berupa gergaji besi, gerinda duduk, kikir halus, lem instan dan perekat dua muka alias double-tape. Eces, kan!

Pekerjaan pertama, lepas rumah bohlam Ninja L dari mikanya. Sayat dengan gergaji besi (gbr. 1). "Memotong bagian yang pendek boleh sampai tembus mika. Tapi sayatan di sisi yang lebar dibatasi oleh tonjolan di rumah lampu," wanti Jaenudin.

5098lampu-ninja-gt-3.jpgLanjut ke pekerjaan berikutnya. Agar cantik, permukaan mika yang nantinya ditempel ke fairing dibuat agak miring. Makanya perlu pakai mesin gerinda duduk agar lebih mudah dan cepat (gbr. 2). "Sebagai acuan, agar menggerinda tidak berlebihan, gunakan selotip kertas sebagai batasnya," saran mekanik asal Cirebon itu.

Berikutnya, giliran rumah lampu dikikis gerinda. Agar rumah lampu bisa masuk ke mika. Dengan cara ini, saat pasang di fairing nanti, mika tidak terlalu menonjol. Patokannya, ikuti garis yang ada lapisan kromnya. "Ingat agar hasilnya bagus, mangkas rumah bohlam harus dibuat pas lubang di mika," ujar bujang akrab disapa Jae itu.

Setelah pas, sein yang sudah jadi sebagai patokan untuk membuat sein lainnya. Kalau sudah dapat sepasang, silakan direkatkan kembali mika dan rumah lampu dengan lem cair instan. Pastikan tidak ada celah di sambungan agar tidak kemasukan air saat mencuci atau hujan. Sebab bisa menimbulkan korslet.

Lanjut! Berikutnya tinggal merekatkan sein tempel itu di fairing. Manfaatkan perekat dua muka. Tempelkan double-tape di sein, lalu rapikan dengan cutter.

Beres deh. Tinggal pasang bohlam yang sudah terkait kabel. Bisa tampil sporty dengan biaya murah dan barang orisinal. "Sein tempel ini bisa juga dipakai di motor yang pakai fairing lain. Seperti Ninja 150RR, Honda CBR dan banyak lagi," sodor Jae yang juga sudah menyiapkan sein tempel siap pakai buat yang malas berkreasi.

Penulis/Foto : Aries/GT

http://www.motorplus-online.com

1 komentar: