Jumat, 06 Agustus 2010

Trojan 'Hantui' Pengguna iPhone


Stefanus Yugo Hindarto - Okezone

CALIFORNIA - Program jahat tak hanya membidik PC sebagai target korban. Tren kejahatan cyber kini mulai menghantui para pemilik ponsel. BiDefender, produsen antivirus baru-baru ini mengingatkan para pengguna iPhone tentang sebuah trojan yang dapat mencuri informasi pribadi pengguna.

Trojan yang diketahui merupakan Trojan.Generic.3010833 tersebut menempel pada email yang menyuruh pengguna melakukan jailbreak. Para pengguna yang tertarik ingin melepas kekang iPhone kemungkinan besar akan tertarik dengan tawaran email berisi trojan tersebut.

Menurut BiTDefender, ada beberapa program freeware yang tersedia di internet yang menawarkan program-program serupa. Tapi BitDefender mengatakan karena di Amerika Serikat jailbreak kini menjadi legal maka para penjahat telah beralih pada aplikasi-aplikasi musik. Demikian dilansir ComputerActive, Kamis (5/8/2010).

BitDefender menyatakan,  setelah link yang terdapat di dalam email tersebut diklik, sebuah file .Exe akan men-download ke komputer korban. Ketika disimpan dan menjalankannya maka akan membuka pintu bagi Trojan untuk men-download.

Hal ini kemudian memungkinkan hacker untuk menggangu situs yang dikunjungi korban, dan mengambil username, password dan informasi rekening bank, seperti PIN dan nomor rekening bank dan password. Bitfefender mengatakan data curian tersebut kemudian dikirim ke email Hotmail account yang didirikan oleh para penjahat.
(ugo)


http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar